3 Langkah Mudah Membuat Strategi Pemasaran untuk Bisnis Anda • PT. MITRA MAJU PERKASA NUSANTARA #

3 Langkah Mudah Membuat Strategi Pemasaran untuk Bisnis Anda

Merencanakan strategi pemasaran merupakan tahapan yang penting jika Anda ingin mengembangkan bisnis dan memasarkan produk dengan sukses. Setiap perencanaan harus dipikirkan dengan matang agar setiap rencana strategi pemasaran berhasil. Ada 3 tahapan strategi pemasaran yang penting untuk bisnis, apa saja?

Artikel ini akan membahas beberapa hal mengenai strategi pemasaran seperti:

  • Kegiatan perusahaan di dalam membuat perencanaan menentukan harga produk mendistribusikan barang dan jasa serta promosi merupakan pengertian dari apa?
  • Apa saja 3 tahapan penting dalam strategi pemasaran?
  • Strategi pemasaran disusun berdasarkan kebutuhan apa?
  • Bagaimana cara menerapkan langkah-langkah strategi pemasaran?
  • Jelaskan tiga tahapan dalam perencanaan langkah pemasaran usaha.
  • Keseluruhan sistem yang berhubungan dengan kegiatan-kegiatan usaha, yang bertujuan merencanakan , menentukan harga, hingga mempromosikan dan mendistribusikan barang-barang atau jasa yang akan memuaskan kebutuhan pembeli, baik yang aktual maupun yang potensial merupakan defenisi dari apa?
  • Salah satu masalah pokok yang digunakan untuk mengembangkan program pemasaran adalah apa?

Apa Itu Strategi Pemasaran?

Kegiatan perusahaan di dalam membuat perencanaan menentukan harga produk mendistribusikan barang dan jasa serta promosi merupakan pengertian dari perencanaan strategi pemasaran.

Pemasaran merupakan salah satu kegiatan penting yang dilakukan oleh perusahaan maupun seorang pengusaha.

Bahkan untuk beberapa perusahaan, pemasaran menjadi sebuah departemen tersendiri dan mendapat alokasi biaya tersendiri.

Konsep pemasaran sendiri bertujuan untuk memberikan kepuasan terhadap kebutuhan atau keinginan konsumen.

Oleh karena itu dibutuhkan suatu strategi agar perusahaan dapat bersaing dengan perusahaan lain.

Perencanaan strategi pemasaran dapat memberikan dasar bagi perusahaan untuk mengambil langkah yang efektif untuk masa depan.

Menurut W.Y. Stanton, strategi pemasaran adalah sesuatu yang meliputi seluruh sistem yang berhubungan dengan tujuan untuk merencanakan dan menentukan harga sampai dengan mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang bisa memuaskan kebutuhan pembeli aktual maupun potensial.

Merencanakan strategi pemasaran merupakan tahapan yang penting jika Anda ingin mengembangkan bisnis dan memasarkan produk dengan sukses. Setiap perencanaan harus dipikirkan dengan matang agar setiap rencana strategi pemasaran berhasil. Ada 3 tahapan strategi pemasaran yang penting untuk bisnis, apa saja?

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Melakukan Strategi Pemasaran

Sebelum menerapkan strategi pemasaran, Anda perlu melakukan analisis keseluruhan kondisi perusahaan dengan menggunakan analisis SWOT.

Analisis SWOT akan menilai kekuatan (Strengths), kelemahan (Weaknesses), peluang (Opportunities), dan Ancaman (Threats) untuk perusahaan secara keseluruhan.

  1. Kekuatan (strengths), meliputi kemampuan internal, sumber daya, dan faktor situasional positif yang dapat membantu perusahaan mencapai tujuannya dan melayani pelanggan.
  2. Kelemahan (weaknesses), meliputi keterbatasan internal dan faktor situasional negatif yang dapat menghalangi performa perusahaan.
  3. Peluang (opportunities), merupakan faktor atau tren yang menguntungkan dari lingkungan eksternal yang dapat digunakan perusahaan untuk memperoleh keuntungan.
  4. Ancaman (Threats), merupakan faktor dari lingkungan eksternal yang dapat menguntungkan dan menghadirkan tantangan bagi performa perusahaan.

3 Tahapan dan Langkah-Langkah Penerapan Strategi Pemasaran

Penerapan strategi pemasaran usaha dapat dilakukan melalui  3 tahapan ataupun langkah-langkah perencanaan berikut ini:

Segmentasi Pasar

Segmentasi pasar merupakan tindakan membagi pasar menjadi kelompok pembeli-pembeli berdasarkan perbedaan; seperti kebutuhan, karakteristik atau perilaku yang berbeda mungkin memerlukan produk atau bauran pemasaran yang terpisah.

Penetapan Target Pasar

Merupakan proses evaluasi daya tarik dari masing-masing segmen pasar.

Pertama, Anda memilih satu atau lebih segmen yang akan dilayani.

Kemudian penetapan sasaran pasar yang terdiri dari merancang strategi untuk membangun hubungan yang benar dengan pelanggan yang tepat.

Sebuah perusahaan besar mungkin memutuskan untuk menawarkan ragam produk yang lengkap dalam melayani seluruh segmen pasarnya.

Namun, juga terdapat beberapa perusahaan yang memasuki target pasar baru dengan melayani segmen tunggal, dan jika terbukti berhasil mereka baru menambah segmen.

Diferensiasi dan Posisi Pasar

Perusahaan harus memutuskan bagaimana mendiferensiasikan penawaran pasarnya untuk setiap segmen sasaran dan posisi apa yang ingin ditempatinya dalam segmen tersebut.

Posisi produk adalah tempat yang diduduki produk relatif terhadap pesaingnya dalam pikiran konsumen.

Oleh karena itu, Anda harus mengembangkan posisi pasar yang unik untuk produk.

Jika sebuah produk dianggap sama persis dengan produk lainnya di pasar, maka konsumen tidak mempunyai alasan untuk membeli nya.

Mengembangkan Strategi & Bauran Pemasaran

Setelah strategi pemasaran ditetapkan, selanjutnya Anda harus menerapkan dan merancang rincian bauran pemasaran.

Bauran pemasaran merupakan semua hal yang dapat memengaruhi permintaan akan produknya.

Bauran pemasaran dikenal dengan istilah 4P, terdiri dari Product (produk), Price (harga), Place (tempat), dan Promotion (promosi).

Strategi pemasaran yang efektif harus dapat memadukan semua elemen bauran pemasaran ke dalam suatu program pemasaran yang dirancang untuk mencapai tujuan pemasaran perusahaan dengan membuat nilai untuk konsumen.

Strategi pemasaran yang dirancang dengan baik akan lebih mudah meraih sukses dan lebih banyak menjual produk.

Satu perusahaan memiliki strategi pemasaran produk yang berbeda dengan perusahaan lain.

Begitu pula setiap produk pastinya memiliki strategi pemasaran yang berbeda dengan produk lain meskipun di dalam perusahaan yang sama.

Sumber : https://www.jurnal.id/id/blog/2018-3-langkah-mudah-membuat-strategi-pemasaran-untuk-bisnis-anda/

PT Mitra Maju Perkasa Nusantara bergerak dalam bidang pengadaan material bangunan antara lain :

  • Bata ringan (Walbrik, Intiglobal, Betacon, Indoblok, Deltabrick, Elcon, dan Platinum)
  • Panel Dinding dan Lantai
  • Pipa PVC, PPR, HDPE, dan Conduit
  • Mortar (untuk perekat bata / plester / acian / render / floor / hardener / perekat keramik )
  • Distribusi Bahan Kebutuhan Pokok
  • Alat-Alat Kesehatan
  • Garmen 

Dengan didukung pabrik yang dimiliki sendiri maupun mitra kerja, kami memberikan produk dan layanan berkualitas sesuai permintaan customer dengan harga kompetitif baik untuk pemenuhan kebutuhan lokal, nasional maupun internasional.

Demi kelancaran dalam bisnis kami,kami dari PT Mitra Maju Perkasa Nusantara menjadi partner dari PT Jasa Konsultan Keuangan  www.jasakonsultankeuangan.co.id dalam hal konsultasi bisnis serta accounting service nya.

Share This :

6 Comments

  • Strategi pemasaran yang efektif harus dapat memadukan semua elemen bauran pemasaran ke dalam suatu program pemasaran yang dirancang untuk mencapai tujuan pemasaran perusahaan dengan membuat nilai untuk konsumen.

    #JasaKonsultanKeuangan
    #JasaLaporanKeuanganIndonesia
    #JejaringLayananKeuanganIndonesia #jkkinspirasi #jkkmotivasi
    #jkkdigital #jkkgroup #sumberrayadatasolusi
    #satuankomandokesejahteraanprajuritindotama
    #blockmoneyindonesia #marinecontruction
    #mitramajuperkasanusantara #jualtanahdanbangunan
    #jasakonsultankeuangandigital #sinergisistemdansolusi

    Hubungi: Widi Prihartanadi / Wendy Via Jonata :0813 8070 0057 / 0811 1085 705

  • Posisi produk adalah tempat yang diduduki produk relatif terhadap pesaingnya dalam pikiran konsumen

    #JasaKonsultanKeuangan
    #JasaLaporanKeuanganIndonesia
    #JejaringLayananKeuanganIndonesia #jkkinspirasi #jkkmotivasi
    #jkkdigital #jkkgroup #sumberrayadatasolusi
    #satuankomandokesejahteraanprajuritindotama
    #blockmoneyindonesia #marinecontruction
    #mitramajuperkasanusantara #jualtanahdanbangunan
    #jasakonsultankeuangandigital #sinergisistemdansolusi

    Hubungi: Widi Prihartanadi / Wendy Via Jonata :0813 8070 0057 / 0811 1085 705

  • Perusahaan harus memutuskan bagaimana mendiferensiasikan penawaran pasarnya untuk setiap segmen sasaran dan posisi apa yang ingin ditempatinya dalam segmen tersebut.

    #JasaKonsultanKeuangan
    #JasaLaporanKeuanganIndonesia
    #JejaringLayananKeuanganIndonesia #jkkinspirasi #jkkmotivasi
    #jkkdigital #jkkgroup #sumberrayadatasolusi
    #satuankomandokesejahteraanprajuritindotama
    #blockmoneyindonesia #marinecontruction
    #mitramajuperkasanusantara #jualtanahdanbangunan
    #jasakonsultankeuangandigital #sinergisistemdansolusi

    Hubungi: Widi Prihartanadi / Wendy Via Jonata :0813 8070 0057 / 0811 1085 705

  • Setelah strategi pemasaran ditetapkan, selanjutnya Anda harus menerapkan dan merancang rincian bauran pemasaran.

    #JasaKonsultanKeuangan
    #JasaLaporanKeuanganIndonesia
    #JejaringLayananKeuanganIndonesia #jkkinspirasi #jkkmotivasi
    #jkkdigital #jkkgroup #sumberrayadatasolusi
    #satuankomandokesejahteraanprajuritindotama
    #blockmoneyindonesia #marinecontruction
    #mitramajuperkasanusantara #jualtanahdanbangunan
    #jasakonsultankeuangandigital #sinergisistemdansolusi

    Hubungi: Widi Prihartanadi / Wendy Via Jonata :0813 8070 0057 / 0811 1085 705

  • Mendalam Analisis Pasar Sasaran Langkah pertama yang penting dalam membuat strategi pemasaran adalah melakukan analisis pasar sasaran yang mendalam. Pahami siapa target audiens Anda, kebutuhan dan preferensi mereka akan membantu Anda menentukan pesan yang tepat dan saluran pemasaran yang efektif.

    #JasaKonsultasiInvestasiSaham
    #JasaKonsultasiInvestasiProperti
    #JasaKonsultasiInvestasiReksaDana
    #JasaKonsultasiPengelolaanRisiko
    #JasaKonsultasiKeuanganStartup
    Hubungi: Widi Prihartanadi / Wendy Via Jonata :0813 8070 0057 / 0811 1085 705

  • Tentukan Tujuan dan Misi Pemasaran Langkah berikutnya adalah menentukan tujuan dan misi pemasaran yang jelas. Apakah Anda ingin meningkatkan kesadaran merek, meningkatkan penjualan, atau menargetkan pasar baru? Tercapainya tujuan yang terukur akan membantu Anda mengarahkan upaya pemasaran Anda dengan lebih efektif.

    #JasaKonsultasiInvestasiSaham
    #JasaKonsultasiInvestasiProperti
    #JasaKonsultasiInvestasiReksaDana
    #JasaKonsultasiPengelolaanRisiko
    #JasaKonsultasiKeuanganStartup
    Hubungi: Widi Prihartanadi / Wendy Via Jonata :0813 8070 0057 / 0811 1085 705

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PT. MITRA MAJU PERKASA NUSANTARA
Scroll to Top